Langsung ke konten utama

Membangun cinta dengan suami dan Membangun peradaban dari rumah

Tugas Nice Home Work 2




1. Membuat surat cinta
Tugas program Matrikulasi ke 2 dari bu Septi, awalnya membuat senyum tersipu. Kok ya bu Septi tahu saya mau bikin surat cinta buat suami. Pas Banget ini tahun ke 10 pernikahan, dan pas suami mau milad akhir bulan Mei nanti. Kebetulan saya memang sudah ada rencana bikin surat cinta..jadi sekalian aja..ha..ha..
Alhamdulillah kalau buat suratnya mah seneng, tapi pas pemetaan potensi dan peran spesifik saya harus diskusi dulu sama suami, apalagi anak bungsu masih naik turun panasnya..jadi agak lama pembuatannya
Eh, kok ngelantur ke mana-mana..kembali ke laptop.
Membuat surat cinta berupa puisi sudah dilakukan via email kemarin malam pas suami ada tugas dari kantor (menginap), biar romantis kan lagi jauh-jauhan. Nah, bagaimana responnya. Ada ceritanya.

Pada prinsipnya, saya selalu terbuka dan puitis sama suami, jadi saya belajar, bicara sama suami harus langsung. Kalau enggak, suami mene tehe..hehe
Kalau saya yang marah..saya kasih tahu kalau saya lagi marah, lagi ngambek. Biar suami tahu. Awalnya saya yang inisiatif membaca situasi, bertanya dan minta maaf. Pas usia pernikahan bertambah, kami sudah tahu watak dan bisa menyesuaikan ritme frekuensi ego masing-masing.

Jadi sebelum suami berangkat, saya sudah bilang : “Ntar periksa email ya ayah, bunda mau kirim surat cinta...hihi...”(kagak ada suprisenya yak). Matanya berbinar, bibirnya menahan senyum.
Efeknya..malah suami yang nagih-nagih.."Mana suratnya bunda, kok belum ada?"" Iya belom bikin..hehe.." Berhubung yang mau dikirimin surat sudah ga sabar, akhirnya dikirim deh dan waw.. langsung dibalas via email juga, pulangnya langsung diberi pelukan eraatt sama si ayah..yeay..alhamdulillah respon positif, anggaran belanja bertambah, eh.#modus

Done.

2. Potensi anak anak

Memiliki buah hati yang sangat berbeda watak dan sikapnya sangat membutuhkan konsentrasi tinggi agar bisa menanggapinya dengan benar. Anak pertama dan kedua tidak begitu jauh perbedaan usianya. Namun posturnya terlihat jauh, karena yang pertama lebih bongsor dan yang kedua lebih mungil.

Anak pertama usianya 9 tahun 5 bulan, anak kedua 8 tahun 2 bulan. Hanya berbeda 1 tahun 3 bulan. Namun, yang kedua lebih perhatian ekstra saat kecilnya, karena sering sakit, dan tumbuh kembangnya terlambat. Bahkan baru bisa berjalan usia 5 tahun 8 bulan setelah diterapi 4 tahun, didiagnosa Global Delay Develoment (GDD), mendidik khansa benar benar harus memiliki ekstra kesabaran. Disini peran kami sebagai orangtua diuji. 

Diusia pernikahan sepuluh tahun ini, saya dan suami sudah cukup menjadi tim yang kompak dalam segala sesuatu. Hal ini karena kami sama sama paham bahwa suka duka merawat dan membesarkan anak-anak inilah yang ternyata menguatkan pernikahan kami.

1.       Syifa Fithra Muthmainnah (9y5m)

Karakter syifa, lebih menonjol IQ nya dibanding EQnya. Jadi PR orangtuanya adalah mengasah terus EQ nya agar lebih peduli dengan perasaan  orang lain dan lingkungan sekitar.
 
a. Fitrah Ilahiyah

  • Sudah memiliki kemampuan ibadah sholat dan sudah paham fiqh shalat: bagaimana menjadi imam, makmum, makmum yang masbuk, apa saja yang membatalkan shalat dll
  • Sudah memiliki kemampuan menghafal ayat Al Quran dengan cepat (Saat ini ayat Al Qur'an yang dihafal hampir 2 juz)
  • Sudah tertanam suri tauladan yang paling dicintainya adalah Rasulullah SAW
  • Sudah dapat menjadi imam bagi adiknya

    b. Fitrah Belajar
  • Memiliki semangat belajar semenjak TK hingga saat ini
  • Memiliki percaya diri saat belajar hafalan Al Quran
  • Lebih senang bermain dengan anak yang lebih kecil atau lebih dewasa dibanding usianya
  • Mudah bergaul dengan orang lain
  • Memiliki kemauan untuk menguasai hal baru yang positif dengan cepat

c. Fitrah Bakat
  • Tak ada lelahnya dalam Menghafal Qur'an
  • Mau belajar memasak, jadi chef (pr ortu)
  • Mau belajar mendongeng (pr ortu)
  • Mau belajar pelihara kelinci, kucing dll (pr ortu)

d. Fitrah Perkembangan
  • Sesuai


2.       Khansa FI (8y2m)
Ditengah keterbatasan motoriknya (karena khansa termasuk ABK) dan sifatnya yang sebenarnya pemalu, khansa begitu banyak memiliki karakter terpuji yang menunjukkan dirinya memiliki tingkat EQ yang tinggi. Subhanallah..PR nya lebih ringan untuk mengasah IQ nya, insyaAllah.
  • Memiliki sifat penyayang yang tinggi
  •  Memiliki prinsip yang kuat pada pilihan yang telah dipilih
  • Memiliki sifat empati terhadap penderitaan orang lain
  • Memiliki sifat mudah tersentuh hatinya  
  • Memiliki jiwa sosial tulus ikhlas
  • Senang memberi nasihat kepada orang lain
  • Penuh perhatian
  • Senang menolong orang lain
  • Mudah membuat orang lain jatuh cinta pada dirinya

    a. Fithrah Ilahiyyah
  • Sudah memiliki pengetahuan tentang Allah dan Rasulullah sebagai Tuhan dan Nabinya
  • Sudah memiliki kemampuan menghafalkan Asmaul husna
  • Sudah memiliki kemampuan menghafal 10 buah hadist dengan metode gerakan
  • Sudah memiliki kemampuan berwudhu dengan baik
  • Sudah memiliki kemampuan untuk shalat sendirian maupun berjama'ah

    b. Fithrah Belajar
  • Kreatif mencari media belajar dan menjadikannya sumber belajar
  • Belajar bisa dimana saja dan apa saja yang menarik perhatiannya
  • Semangat belajarnya sesuai moodnya

    c. Fithrah bakat
  • Senang bermain bonekanya dimalam hari
  • Sangat senang dengan binatang, terutama kucing
  • Senang bermain lilin, dibentuk berbagai macam bentuk
  • Senang bermain balok-balok
  • Senang mengasuh dan menjaga anak yang lebih kecil

    d. Fitrah Perkembangan
    Masih harus terapi untuk mencapai sesuai usia perkembangan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keinginan Khansa

Jangan pernah mengepelekan keinginan seorang anak, pelajaran yang saya dapatkan dari gadis kecil saya, khansa. Pagi sebelum berangkat sekolah. "Bunda, dede cape..tak sekolah ya.." " Kenapa de? Cape ya? Ga kangen sama teman disekolah ta? Hayo, besok besok sudah libur ramadhan, dede ga bisa ketemu teman lagi nanti." "Tak lah..dede cape, mau naik mobil ya, Boleh ya bunda?" "Iya kan memang naik mobil, boleh dong. Naik m24 kan de? Nanti jalan sebentar ke sekolah, pelan-pelan aja.."Mau ya?" Bujuk bunda. Dede menggeleng. "Anter sampai sekolah ya mobilnya? Dede cape jalan terus." Jleb. Bunda tersenyum, "iya nanti ya, kalau bunda ada rezeki bisa nganter dede naik mobil. Kan sekarang belum ada mobilnya sayang?" Hehe.iya juga ya..senyuman tersungging diwajah khansa mendengar jawaban masuk akal bunda.. Dengan pelan namun pasti kami bersiap kesekolah hari itu. Menunggu m24 tak kunjung muncul, dede mulai uring-uri

RESUME WEBINAR KE 5 : BELAJAR MEMILIH SEKOLAH BERSAMA ANAK

Bismillahirrahmannirrahiim… Teman-teman apa kabar? Maaf saya baru saja melewati malam-malam penuh rasa gatal dan panas, karena alergi terhadap makanan tertentu yang baru saja saya ketahui beberapa malam yang lalu..Alhamdulillah kini sudah pulih dan siap menulis lagi…menebar ilmu bagi yang belum sempat menyimak webinar edisi ke 5 yaa..semoga bisa menjadi amal bagi saya di yaumil akhir nanti. Aamiin.  Masih ingat lagu ini?? Hai burung kecil/ Silahkan pergi/ Terbanglah tinggi/ Sesuka hati/ Langit yang biru/ Memang milikmu/ Mungkin disana damai hidupmu/ Rentangkanlah sayapmu/ nikmatilah kebebasanmu/ Walau hidup masih tak tentu/ Biarkanlah manusia dengan tingkahnya/ Biarkanlah dunia dan masalahnya/ Rentangkanlah sayapmu, rentangkanlah sayapmu/ Nyanyikanlah lagumu/ Damaikanlah hidupmu…… ( Rollies-burung kecil  bisa didownload di http://www.musikane.com/audio/rollies%20mp3) Hmm…lagu diatas adalah lagu nostalgia masa kecil saya yang sudah lamaaaa sekali baru saya dengar

Membuat kurikulum anak-anak #NWH 3 part 2

Bismillahirrahmannirrahiim,  Tugas minggu ke 4 ini kami diminta lebih menjabarkan secara  lebih detil lagi dalam hal membuat kurikulum yang sesuai dengan "anak-anak banget" untuk memandu anak-anak untuk menemukan potensi alaminya sesuai fitrahnya. Syifa– 9 tahun 5 bulan Berdasarkan pengamatan saya dan hasil wawancara dengan syifa a. Potensi, keunikan      Semangat belajar       Lebih senang belajar dengan audiovisual, kartu, lagu dan komik      Mudah menghafal      Senang belanja, dan jalan- jalan      Mau belajar hal baru       Rasa ingin tahu yang tinggi    b. Kegiatan dan bidang yang disukai    Selalu senang dan cepat menghafal quran    Senang belajar sains    Senang komik pembelajaran    Minat pada pelajaran bahasa arab, sains, dan Al qur'an Khansa Izza 8 tahun 3 bulan  Hasil pengamatan saya : a. Potensi, keunikan     Mudah menyentuh hati orang     Tidak bisa dipaksa melakukan sesuatu karena sedari kecil terlihat mampu menentukan dan